Simak Yuk, Proses Perakitan Mobil Produsen Jepang Honda Jazz

Coba deh kamu nengok keluar jendela mobilmu. Di jalan raya kota-kota metropolitan tanah air, hatchback seringkali jadi pilihan paling masuk akal buat jadi kendaraan harian buat mengarungi kemacetan. Selain praktis dan lincah, konsumsi bbm nya pun irit banget. Itu semua alasan kenapa Honda Jazz jadi salah satu mobil dengan penjualan tertinggi ketika masih eksis di tanah air.

Tapi pernah gak sih, kamu kepikiran gimana mobil ini dibuat dariproses paling awal sampai nisa di kirim ke dealer biar tidak penasaran yuk simak ulasannya sampai akhir.

Proses Pembuatan

Headbag berukuran kompak ini dikenal dengan duan ama berbeda tergantung negara tempatnya dipasarkan di Eropa Timur, Tengah, Hongkong dan Asia Tenggara nama Jazz merekat erat pada mobil ini. Sedangkan di negara asalnya di Jepang serta wilayah lain seperti Tiongkok dan Taiwan ia dilabeli dengan nama Honda Fit.

Meski begitu keduanya tetap menggunakan basis yang sama, pengembangannya dilakukan pada tahun 2001. Yang ditujukan untuk pasar pembeli mobil pertama yang menginginkan mobil dengan harga terjangkau beukuran compact, akomodasi luas serta biaya operasional yang rendah. Sayangnya awal 2021 menjadi akhir dari karir jazz selama berkiprah di Indonesia kurang lebih 20 tahun.

Di model terakhirnya proses pembuatannya menggunakan alat-alat canggih demi mencapai kualitas terbaik yang bisa diberikan oleh Honda. Dimulai dari proses forging yaitu tahap penempatan besi yang sebagian besar yang merupakan komponen-komponen pembangun mesin seperti piston. Suhu saat penempaan ini bisa mencapai ribuan celcius loh.

Proses pemanasan hingga suhu tinggi tersebut dibutuhkan untuk memudahkan besi tersebut dibentuk sesuai kebutuhan. Habis dari itu, komponen mesin ini kemudian didinginkan pembersihan pun dilakukan buat ngurangin sisa-sisa penempaan tadi. Sesudah itu komponen tadi di masukan ke sebuah alat yang ngukur tingkat kepresisiannya biar nanti tidak bikin mesinnya rusak karena ada yang salah.

Pindah ke pabrikan yang lain transmisi yang berisi seperangkat gir yang rumit dirakit sama tangan-tangan terampil para pekerja pabrik ini. Jangan lupa dikasih pelumas biar nanti gesekan yang ditimbukan tidak menyebabkan kerusakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *